8 Cara Mengecilkan Pori Pori di Wajah dengan Bahan Alami

Banyak orang yang menanggapi salah tentang masalah pori-pori, sebagian dari merekan mencari cara untuk menghilangkan pori-pori. Padahal pori-pori itu mempunyai peran fungsinya sendiri. Salah satu peran penting pori-pori kita adalah sebagai tempat keluarnya racun-racun dari dalam tubuh yang di bawa keluar oleh keringat melalui lubang pori-pori.

Tanpa pori-pori racun akan terus mengendap dalam tubuh, kalori juga tidak akan bisa keluar jika kulit kita tidak ada pori-porinya. Oleh sebab itu pori-pori ini mempunyai fungsi yang sangat penting, bukan hanya sekadar lubang pada permukaan kulit kita. Tidak ada cara untuk menutupinya jika kamu ingin kesehatan kamu terganggu.

Sebenarnya masalah pori-pori ini terjadi akibat lubang pori-pori itu sendiri yang tertutupi. Tertutupnya lubang pori-pori ini bisa di akibatkan oleh beberapa faktor, misalnya saja disebabkan oleh kotoran, debu, minyak dan hal-hal diluar dugaan lainnya.Saat lubang pori ini tertutupi, di saat itulah masalah kulit terjadi karena pada setiap lubang pori itu terdapat folikel rambut yang seharusnya tumbuh.

Nah, jika sudah tertutup lubang ini maka folikel rambut tidak dapat tumbuh dengan sempurna, sehingga folikel mencari jalan lain untuk keluar ke permukaan kulit. Hasilnya hormon kulit menjadi tidak stabil, efeknya permukaan kulit menjadi kasar, kehitaman, dan bahkan folikel ini tumbuh pada lubang pori di sebelahnya yang membuat lubang pori sebelahnya itu lebih besar.

Maka inilah yang sering kali membuat gagal paham kebanyakan orang, bahwa sebenarnya pori-pori itu tidak boleh di hilangkan melainkan di kecilkan. Ya, lubang pori-pori bisa di kecilkan. Ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa di percaya dan terbukti mampu mengecilkan lubang pori-pori. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Berikut 8 Cara Mengecilkan Pori Pori di Wajah dengan Bahan Alami :

8 Cara Mengecilkan Pori Pori di Wajah dengan Bahan Alami - Acilhow.com

1. Es batu

Es batu adalah cara instan dan tercepat untuk mengecilkan pori-pori dalam waktu yang singkat. Suhu dingin pada es batu akan membuat kulit berinteraksi, hal ini membuat lubang pori-pori lebih kecil secara alami. Namun sayangnya es batu hanya bersifat sementara, jika suhu tubuh panas maka pori-pori akan terbuka lagi dan kamu harus mengunakan es batu lagi untuk mengatasinya. Cara menggunakannya yaitu di gosokkan es nya pada wajah.

2. Lemon

Meskipun lemon tidak mempunyai sifat mengecilan pori-pori secara instan seperti es batu, tapi lemon ini akan bermanfaat untuk membantu mengecilkan pori-pori kamu dalam waktu yang lama. Tugas lemon ini membersihkan sel-sel kulit yang sudah mati pada lubang pori-pori, sehingga partikel-partikel kecil pada lubang pori akan terangkat yang mana ini bisa membuat pertumbuhan pori menjadi normal kembali. cara menggunakannya yaitu dengan menggosokkan bagian dalam lemon yang sudah di belah 2 pada kulit kita.

3. Jeruk nipis

Hampir sama manfaatnya dengan lemon, jeruk nipis juga mempunyai vitamin C yang tinggi. Tapi jeruk nipis mempunyai manfaat ekstra dalam membersihkan kulit, kandungan asam pada jeruk nipis mampu mengikis sisa-sisa kotoran yang menempel pada kulit sehingga pori-pori bisa bernapas kembali. Untuk cara menggunakannya sama dengan lemon, yaitu jeruk nipis dibelah 2 bagian dan bagian dalamnya ini di gosokkan pada permukaan kulit secara perlahan-lahan.

4. Buah pepaya

Pepaya adalah buah yang sering digunakan dalam perawatan kecantikan. Biasanya buah ini sering di olah menjadi toner atau cleaner wajah untuk membersihkan permukaan wajah dari kotoran. Pepaya juga mampu memutihkan wajah serta melembabkannya. Cara menggunakannya yaitu dengan mengupas kulit pepaya dan mengambil dagingnya, kemudian daging pepaya di haluskan lalu di oleskan pada wajah seperti menggunakan masker. Diamkan wajah lebih kurang 30 menit sampai mengering dan meresap kedalam kulit.

5. Kentang

Buah yang satu ini jarang diketahui banyak orang untuk mengatasi pori-pori, padahal manfaatnya sangat bagus untuk kulit. Kandungan pada kentang mampu menyamarkan noda-noda hitam pada kulit yang di akibatkan oleh masalah pori-pori. Selain itu kentang juga bermanfaat untuk mengaluskan kulit, caranya dengan menggosokkan kentang pada kulit kita. Atau bisa juga kentang di tumbuk sampai halus lalu setelah halus gunakan pada wajah seperti pakai masker wajah.

6. Tanaman lidah buaya

Tananam lidah buaya mempunyai kandungan vitamin yang bagus untuk melembabkan serta mengenyalkan kulit. Lidah buaya juga berperan aktif dalam mengangkat sel-sel kulit mati, membuat wajah Anda terlihat lebih kenyal dan halus setelah menggunakannya. Caranya dengan mengambil gel dalam 1 batang tanaman lidah buaya, kemudian usapkan pada wajah secara merata dan diamkan hingga mengering. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih, lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

7. Yoghurt

Meskipun bukan kategori bahan alami, tapi yoghurt benar-benar terbukti dalam mengecilkan pori-pori. Olahan dari susu ini benar-benar ampuh menghaluskan kulit dan menyamarkan noda hitam akibat pori-pori. Namun kamu harus menggunakan yoghurt murni yang bebas gula, untuk bisa langsung di aplikasikan pada wajah atau pada area kulit yang kasar pada bagian masalah pori-pori ada di kulit kamu.

8. Cuka apel

Cuka apel juga sebenarnya bukan termasuk bahan alami, tapi hanya saja mudah di dapatkan dan mudah untuk di terapkan maka tidak ada salahnya kamu mencoba cuka apel untuk membersihkan wajah serta kulit kamu dari masalah kotoran, minyak dan debu yang selama ini sudah menyumbat pada lubang kulit pori-pori.

Caranya yaitu dengan mencampurkan cuka apel bersama sedikit air, lalu gunakan kapas higenis sebagai media untuk bisa di usapkan pada wajah. Nanti kamu akan lihat kotoran banyak sekali yang terangkat. Akan lebih efektif jika kamu menggunakan air hangat yang di campur cuka. Setelah melakukan cara ini barulah kulit di siram air es. Dan lihat sendiri perbedaannya!

Baca juga : 8 Cara Mengecilkan Pori Pori di Wajah dengan Es Batu

0 Response to "8 Cara Mengecilkan Pori Pori di Wajah dengan Bahan Alami"