8 Cara Mengecilkan Pori Pori Kaki yang Berbintik Hitam

Hampir kebanyakan orang pernah mengalami masalah pori-pori pada dirinya, baik itu pada wajah, tangan dan bahkan pada kaki. Biasanya masalah pori-pori pada kaki ini sering kali mengganggu penampilan fisik, karena kulit kita akan terlihat tidak halus seperti kulit pada buah stroberi yang memiliki bintik-bintik. Terlebih lagi apabila kita sering menggunakan rok atau celana pendek, yang mana kaki kita tersebut bisa terlihat oleh orang lain.

Penyebab bintik hitam pada pori-pori ini adalah salah satunya akibat keseringan mencukur kaki sehingga tanpa kita sadari lubang pori menjadi iritasi ringan yang menyebabkan pori melebar dan lebih menghitam. Penyebab lainnya juga bisa terjadi akibat penyumbatan kotoran yang sudah menutupi lubang pada pori-pori kita. Kotoran inilah yang sering kali menjadi masalah pori-pori yang menjadi membesar dan terbuka lebar, sehingga kulit tampak bersisik dan tidak mulus.

Sebenarnya bulu kaki itu tidak baik jika di cukur secara langsung, apalagi menggunakan pisau cukur bulu yang pada dasarnya sudah tidak tajam. Saat pisau cukur tidak tajam, kita kerap kali menekan pisau pada area permukaan kulit kaki yang kita cukur agar bulunya bisa hilang. Namun pada saat itulah biasanya pori-pori semakin melebar dan terbuka, maka dari itu sebaiknya penggunaan pisau cukur harus di kurangi. Nah, jika kaki sudah mengalami masalah ini maka cobalah untuk menerapkan beberapa tips di bawah ini.

Berikut 8 Cara Mengecilkan Pori Pori Kaki yang Berbintik Hitam :

8 Cara Mengecilkan Pori Pori Kaki yang Berbintik Hitam - Acilhow.com

1. Gunakan baking soda

Baking soda adalah bahan yang sangat efektif untuk mengikis sel kulit mati serta kotoran yang menempel pada lubang pori-pori Anda. Sel kulit mati yang menyumbat inilah yang sering membuat pori-pori terus melebar. Sehingga metode menggunakan baking soda akan sangat ampuh mengangkat sel kulit mati serta membersihkan kulit Anda dari kotoran yang sudah menempel. Cara kerja baking soda adalah sebagai pengelupasan, untuk cara menggunakannya cukup dengan 2 sendok makan baking soda lalu di campur air 1 sendok makan dan di aduk rata lalu oleskan pada kulit.

2. Gunakan es batu

Es batu mempunyai fungsi pada pori-pori yaitu mengecilkannya. Hal ini terjadi karena air es itu bersifat dingin, sehingga lubang pori-pori dapat mengecil secara alami. Ini adalah cara termudah untuk mengatasi masalah pori-pori yang terbuka lebar. Namun harus sering digunakan agar manfaatnya lebih terasa. Caranya cukup dengan menggosokan bagian permukaan kulit dengan es batu, tapi jangan terlalu lama karena bisa membuat kulit memerah. Jadi saat menggosok kulit kita membutuhkan jeda waktu sekitar 30 detik lalu baru diulangi langkah ini hingga beberapa kali.

3. Gunakan air hangat

Meskipun pada kenyataannya air hangat bisa melebarkan pori-pori dalam beberapa waktu, namun kita tidak perlu khawatir karena itulah kesempatan kita untuk membersihakan kotoran dalam lubang pori yang tersumbat. Jadi intinnya air hangat bisa melebarkan pori-pori, kemudian kita bisa langsung membersihkannya dengan handuk kering lalu lalu kemudian setelah dibersihkan, barulah kita menutupi pori-pori menggunakan air es untuk menutupi pori-pori yang terbuka. Seperti yang sudah di jelaskan di atas air es berfungsi mengecilkan pori, sedangkan air hangat melebarkannya.

4. Gunakan gula pasir

Gula pasir adalah bahan yang memiliki kandungan asam gliserol, nah kandungan inilah yang bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, mencegah iritasi serta mampu mengembalikan warna kulit akibat bintik-bintik hitam pada pori pori Anda. Gula juga sering digunakan sebagai bahan pencabut bulu kaki. Bagi Anda yang ingin cepat mengecilkan pori-pori pada bagian tangan dan kaki maka bisa menggosokkan gula pada bagian permukaan kulit yang bermasalah secara perlahan-lahan. Bisa ditambahkan sedikit air terlebih dahulu agar gula mudah meresap kedalam kulit.

5. Gunakan buah lemon

Buah lemon mengandung senyawa asam sitrat yang bisa memberi nutrisi baru pada kulit dengan cara memperbaiki kerusakan sel-sel pada kulit termasuk membersihkan sel kulit mati. Lemon sering kali di manfaatkan sebagai bahan kecantikan termasuk pada wajah. Masalah pori-pori yang membesar dapat di atasi juga dengan lemon, caranya cukup gampang yaitu dengan membela buah lemon kemdian bagian dalamnya itu di gosokkan pada kulit yang mengalami masalah pori-pori. Selain masalah pori, lemon juga aktif mengatasi jerawat yang terinfeksi bakteri.

6. Gunakan jeruk nipis

Satu-satunya buah yang mengandung senyawa asam sitrat bukanlah lemon, namun juga terdapat pada jeruk nipis. Dan bahkan kandungan asam sitrat pada jeruk nipis lebih kuat di bandingkan dengan lemon. Jeruk nipis di kenal mampu meregenerasi kulit dalam pertumbuhan sel-sel kulit baru, selain itu jeruk nipis juga bisa membersihkan sel kulit mati. Bintik-bintik hitam pada kaki akibat pori-pori akan dengan mudah hilang selama penggunaan jeruk nipis rutin di lakukan. Caranya sama dengan lemon, yaitu cukup di belah dua kemudian bagian dalamnya di gosokkan pada kulit secara perlahan-lahan.

7. Gunakan gel lidah buaya

Tanaman lidah buaya mengandung astringen yang bersifat mendinginkan serta berperan aktif dalam melawan inflamasi kulit. Manfaat lidah buaya pada kulit mampu menyembuhkan iritasi, melembabkan kulit serta dapat mengembalikan warna kulit secara alami termasuk masalah pori-pori yang membesar dan sudah merusak permukaan kulit. Untuk menggunakannya kita cukup menggiling tanaman lidah buaya beserta kulitnya lalu di oleskan pada bagian kulit yang bermasalah. Akan lebih efektif jika di gunakan setiap hari sebelum tidur secara rutin.

8. Gunakan susu

Susu mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acids) yang berperan penting untuk mengangkat sel kulit mati serta melembutkan kulit. Namun ini hanya berlaku jika dilakukan dengan penggunaan secara luar atau bukan di minum. Kandungan AHA juga berperan penting dalam mengurangi iritasi akibat pencukuran pada kulit kaki yang kita lakukan, selain itu warna kulit juga akan tampak lebih cerah sehingga bintik-bintik hitam akibat pori akan tertutupi. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu mengoleskan susu cair yang agak kental lalu di gosokkan pada kulit termasuk, wajah, tangan badan dan kaki.

Baca juga : 7 Cara Mengecilkan Pori Pori di Tangan pada Kulit

0 Response to "8 Cara Mengecilkan Pori Pori Kaki yang Berbintik Hitam"