8 Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Terbaik

Pori pori adalah lubang kecil di kulit yang fungsinya melepaskan minyak dan keringat. Pori-pori juga terhubung dengan folikel rambut halus yang terdapat pada kulit kita. Jika pori-pori Anda terlihat lebih besar, itu mungkin karena jerawat peningkatan produksi sebum atau yang menyebabkan kulit berminyak, kerusakan akibat sinar matahari ataupun karena efek samping dari makeup. Itulah beberapa penyebab membesarnya lubang pori-pori Anda, meskipun ada faktor-faktor lain yang bisa memicu masalah pori-pori pada kulit seperti pola hidup yang tidak sehat.

Hampir semua orang pernah mengalami masalah pori-pori, pada umumnya sering kali terjadi pada remaja. Bagi sebagian kalangan pria pori-pori bukanlah masalah serius dan sering diabaikan, namun bagi kalangan wanita pori-pori ini merupakan masalah yang sangat serius yang harus di atasi. Mengingat wajah wanita merupakan salah satu fisik yang besar pengaruhnya dalam kehidupan. Selain jerawat, pori-pori adalah gejala masalah kulit yang menjengkelkan, terutama bagi mereka yang memiliki wajah dengan produksi minyak yang berlebih maka masalah pori ini kerap sekali muncul.

Di sisi lain masalah pori-pori tentu bisa menurunkan penampilan seseorang, wajah akan terlihat berlubang-lubang sehingga wajah yang awalnya mulus menjadi kasar serta tidak indah di pandang mata. Oleh sebab itulah banyak kaum wanita yang frustasi jika masalah pori-pori ini muncul. Jika tidak di atasi biasanya pori membesar ini akan semakin banyak terutama di bagian wajah, namun Anda tidak perlu khawatir karena di sini Anda akan menemukan beberapa solusi yang tepat untuk mengatasi pori pori di wajah. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dapat Anda simak dibawah ini.

Berikut 8 Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Terbaik :

8 Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Terbaik - Acilhow.com

1. Memanfaatkan air hangat

Salah satu penyebab terbesar munculnya masalah por-pori itu adalah karena selama ini Anda membersihkan wajah dengan tidak benar. Terutama bagi wajah sering berminyak, bagi wajah berminyak untuk bisa membersihkannya Anda perlu cara ekstra. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan air hangat. Meskipun pada dasarnya air hangat ini dapat membuka pori-pori dalam waktu tertentu, namun saat itulah kotoran yang tersumbat akan dengan mudah berjatuhan, setelah kita membilas wajah dengar air hangat selama setidaknya 1 menit lalu barulah menyapunya dengan handuk kering. Lakukan cara ini 2 kali sehari terutama di malam hari sebelum tidur.

2. Gunakan pembersih wajah

Membesarnya pori-pori wajah adalah akibat tersumbatnya kotoran atau minyak dalam lubang pori itu sendiri, maka cara yang paling masuk akal untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan pembersih wajah. Namun tidak semua jenis pembersih wajah mampu mengatasi masalah pori, maka dari itu gunakanlah jenis pembersih wajah yang berasis gel. Kulit normal hingga kering bisa mendapatkan manfaat dari krim pembersih yang berbasis gel ini. Apa pun jenis kulit yang Anda miliki, hindari pembersih yang mengandung sabun atau bahan pembersih. Ini dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar. Beberapa pembersih berikut patut dicoba seperti : Cetaphil, Dermalogica Gel dan Brandt Pores No More Cleanser.

3. Lakukan eksfoliasi wajah

The American Academy of Dermatology merekomendasikan pengelupasan hanya satu sampai dua kali per minggu. Pengelupasan membantu menyingkirkan serpihan berlebih yang dapat menyumbat pori-pori Anda tanpa melucuti kulit Anda. Jika saat ini Anda mengalami jerawat, lewati sesi pengelupasan kulit Anda untuk menghindari iritasi jerawat Anda. Jika Anda bisa, pilihlah exfoliants dengan asam alpha-hydroxy (AHA) atau beta-hydroxy acids (BHA). BHA juga dikenal sebagai asam salisilat dan tidak boleh digunakan jika Anda alergi terhadap aspirin. Meskipun kedua bahan tersebut dapat memaksimalkan manfaat pengelupasan Anda, BHA juga dapat menembus jauh ke dalam pori-pori untuk mengatasi jerawat.

4. Gunakan pelembab wajah

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang dengan kulit berminyak adalah tidak menggunakan pelembab karena takut akan menambah minyak pada wajah mereka. Padahal pelembab sebenarnya membantu sebum alami Anda menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. Ini tidak hanya mengurangi masalah pori-pori Anda, tetapi juga membantu merawat kulit Anda secara efektif. Tanpanya, kulit Anda dapat menghasilkan lebih banyak minyak. Ketika berbicara tentang pori-pori besar, kuncinya adalah memilih pelembab berbahan dasar air.

5. Gunakan tabir surya

Tabir surya adalah yang harus dimiliki untuk semua orang terutama para kaum wanita, jadi jangan biarkan kulit berminyak menahan Anda. Kerusakan akibat sinar matahari tidak hanya meningkatkan risiko kanker dan keriput jangka panjang, tetapi juga dapat mengeringkan kulit dan membuat pori-pori Anda terlihat lebih besar. Gunakan produk dengan SPF minimal 30. Anda harus menerapkannya setidaknya 15 menit sebelum Anda keluar. Anda juga dapat memilih pelembab dan foundation yang mengandung SPF di dalamnya.

6. Gunakan masker tanah liat

Masker tanah liat dapat membantu menghilangkan minyak, kotoran, dan kulit mati jauh di dalam pori-pori Anda agar terlihat lebih kecil. Anda bisa menggunakannya sekali atau dua kali per minggu, tetapi tidak pada hari yang sama saat Anda melakukan eksfoliasi. Mengupas dan menggunakan masker tanah liat di hari yang sama bisa jadi sulit pada kulit Anda dan meningkatkan risiko iritasi. Jadi hindari eksfoliasi dan menggunakan masker dalam waktu yang bersamaan.

7. Hindari tidur dengan makeup di wajah

Tertidur dengan makeup yang masih menempel di wajah Anda dapat merusak kulit. Ketika dibiarkan semalam, kosmetik dapat bergabung dengan kotoran, minyak, dan bakteri yang tersisa dari hari dan menyumbat pori-pori Anda. Ini dapat membuat mereka terlihat lebih besar pada hari berikutnya ketika Anda bangun. Itulah mengapa sangat penting untuk membersihkan riasan wajah Anda di malam hari, tidak peduli seberapa lelah Anda atau seberapa larutnya Anda di rumah.

8. Rutin minum air putih

Air putih bermanfaat bagi pori-pori dan kesehatan kulit Anda secara keseluruhan. Secara khusus, air membantu melembabkan kulit Anda secara internal, menghilangkan racun dari pori-pori Anda dan menyehatkan tubuh. Aturan praktis anjuran minum air putih yang baik adalah mengusahakan setidaknya delapan gelas air. Tapi asumsi minum 8 gelas air putih ini tidak berlaku bagi semua orang, jadi harus mempertimbangkannya dengan barat badan Anda.

Baca juga : 7 Cara Mengecilkan Pori Pori Ampuh

0 Response to "8 Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Terbaik"