10 Cara Pola Hidup Sehat Lansia (Lanjut Usia)

Lansia adalah singkatan dari lanjut usia, yaitu seseorang yang sudah memasuki usia tua. Seperti yang kita ketahui bahwa kesehatan seseorang yang sudah memasuki usia tua itu memang sudah tidak semaksimal pada saat di usia mudanya, sehingga tidak jarang pula orang tua banyak yang mengalami gangguan kesehatan dan bahkan mudah sekali terserang penyakit.

Penyebab kesehatan orang tua mudah terganggu adalah karena fungsi organ-organ dalam tubuhnya sudah tidak mampu bekerja secara optimal. Sistem kekebalan tubuh pada orang lanjut usia juga biasanya sudah melemah, maka tidak heran apabila mereka yang sudah lanjut usia sering sakit-sakitan. Namun hal tersebut dapat di cegah apabila kamu rutin menjalani pola hidup sehat setiap harinya.

Beberapa gejala pola hidup tidak sehat yang dampak pada orang lanjut usia adalah seperti mudah lemas, tidak sanggup bergerak, kulit mudah keriput hingga kehilangan selera makan. Maka dari itu untuk mencegah hal tersebut sebaiknya Anda harus menjalankan motto lansia bahagia atau slogan lansia sehat mulai sekarang. Sehingga masa tua Anda tetap kuat mesikpun sudah usia lanjut.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang bagaimana materi lansia sehat yang sesungguhnya. Sehingga dengan begitu akan tercipta lansia sehat bahagia dan produktif dalam kehidupan kamu pastinya. Tanpa basa-basi lagi untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa cara di bawah ini secara konsisten.

Berikut 10 Cara Pola Hidup Sehat Lansia (Lanjut Usia) :

10 Cara Pola Hidup Sehat Lansia (Lanjut Usia) - Acilhow.com

1. Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat untuk lansia memang harus di perhatikan dengan serius, sebab jika salah memilih makanan biasanya bisa mengalami masalah pencernaan seperti diare atau sembelit. Hal ini karena di pengaruhi oleh sistem pencernaan lansia yang rata-rata sudah kurang optimal kinerjanya. Oleh sebab itu menu makanan sehat harus benar-benar Anda ketahui, beberapa diantaranya seperti bubur gandum, roti gandum, beras merah, susu rendah lemak, ikan, tahu, tempe, selai kacang, kangkung, bayam, brokoli, wortel, labu, tomat, pisang, apel dan pepaya.

2. Hindari makanan siap saji

Hampir semua jenis makanan siap saji itu mengandung pengawet yang bisa memperburuk kesehatan Anda di usia lanjut saat ini. Oleh sebab itu hentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan siap saji yang sering Anda lakukan selama ini di luar, ada baiknya selalu mengkonsumsi makanan dari rumah saja. Karena makanan yang kita olah sendiri di rumah tentu saja lebih sehat sebab makanan yang kita makan itu jenis makanan segar dan sudah pasti tanpa pengawetnya.

3. Batasi asupan gula

Mengingat sistem peredaran darah pada orang lanjut usia tidak semaksimal dulu, maka sebaiknya asupan gula perlu untuk di batasi. Hal ini berguna untuk mencegah resiko penyakit hipertensi atau darah tinggi hingga mencegah kolesterol, stroke, diabetes dan mencegah penyakit jantung. Asupan gula yang berlebihan sangat mudah sekali mengalami masalah sistem peredaran darah pada orang tua yang bisa menyebabkan penumpukan glukosa pada dinding arteri.

4. Makan tidak berlebihan

Orang yang sudah lanjut usia tidak boleh mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan sekaligus. Karena hal ini dapat menyebabkan terjadinya tukak lambung yang bisa menyebabkan penyakit maag, alhasil kita akan mengalami asam lambung dan gas lambung akan dengan mudah menyerang hingga naik ke atas menuju saluran kerongkongan. Maka tidak heran apabila banyak orang tua yang mengidap penyakit lambung ini. Oleh sebab itu kurangi porsi makan Anda dan biasanya makan lebih sering dalam porsi yang sedikit tentunya.

5. Jadwal makan teratur

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebanyak 3 kali sehari itu wajib di lakukan oleh para lansia. Hal ini tentu saja untuk mencegah terjadinya pengikisn lambung secara alami akibat perut sering mengalami kekosongan. Selain harus rutin makan, yang harus kamu ingat adalah tidak boleh berlebihan. Agar sistem pencernaan bisa berfungsi dengan baik tanpa mengalami gangguan kesehatan.

6. Rutin olahraga

Mulai sekarang biasakanlah olahraga secara teratur, dampak dari olahraga ini besar sekali manfaatnya bagi kamu yang suddah memasuki usia lanjut. Selain menyehatkan dengan rutin olahraga juga bisa membuat kamu awet muda dan tidak mudah sakit. Hal yang terpenting itu adalah bagaiamana supaya orang-orang yang sudah lanjut usia ini bisa terus aktif bergerak sehingga keringat bisa keluar setiap hari.

7. Perbanyak asupan kalsium

Memasuki usia lanjut tulang kita tentu saja akan mulai rapuh dan keropos, hal ini sebenarnya wajar karena mengingat faktor usia yang sudah tua. Tapi tulang keropos tentu saja bisa di cegah dengan asupan kalsium yang terpenuhi dalam tubuh kita setiap harinya. Selain menjaga kesehatan tulang, kalsium juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi agar tidak mudah ompong.

8. Rutin membersihkan gigi

Selain mengkonsumsi asupan kalsium, gigi juga perlu di rawat dari luar agar bisa selalu kuat dan tidak mudah parah. Caranya tentu saja kita harus rutin membersihkannya setiap hari secara teratur. Sehingga dengan kebiasaan baik ini gigi kamu akan terus ada dan berfungsi dengan baik di usia tua terutama dalam mengunyah makanan pastinya.

9. Minum jus wortel

Wortel adalah buah dari golongan sayuran yang memiliki vitamin A di dalamnya. Nah, kandungan vitamin A ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata untuk mencegah terjadinya buram di usia lanjut. Karena seperti yang kita ketahui banyak sekali orang tua yang penglihatannya mulai terganggu, itu semua karena mereka malas mengkonsumsi asupan vitamin A.

10. Penuhi nutrisi harian

Buat para lansia, mulai sekarang perbanyaklah asupan nutrisi dan gizi dalam tubuh. Guna menjaga kesehatan tulang, mata, gigi dan kulit. Untuk mata kamu butuh vitamin A, dan untuk tulang serta gigi kamu bisa menambah asupan kalsium seperti yang sudah di jelaskan di atas. Nah jika untuk kesehatan kulit kamu harus mempertimbangkan untuk menambah asupan vitamin B kompleks dan vitamin E sehingga kulit tidak mudah keriput dan kita tetap bisa terlihat awet muda meskipun di usia tua.

Baca juga : 10 Cara Pola Hidup Sehat Agar Tidak Berjerawat

0 Response to "10 Cara Pola Hidup Sehat Lansia (Lanjut Usia)"