10 Cara Pola Hidup Sehat Penderita Diabetes

Diabetes adalah kencing manis yaitu penyakit yang mempengaruhi kadar gula dalam darah atau yang sering disebut dengan glukosa darah tinggi. Sehingga beberapa organ tubuh mengalami gangguan akibat glukosa yang menumpuk bersama darah tidak dapat diserap oleh tubuh. Akibatnya penderita dapat mengalami gangguan penyakit serius yang mengakibatkan komplikasi jika tidak ditangani.

Dalam dunia medis, diabetes di bagi dua macam yang pertama adalah diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2. Untuk diabetes tipe 1 penyakit ini lebih cenderung mempengaruhi kinerja insulin dalam tubuh. Sedangkan untuk diabetes melitus tipe 2 ini lebih mempengaruhi kinerja glukosa dalam darah. Kebanyakan kasus 90% orang-orang mayoritasnya terkena diabetes melitus tipe 2 ini. Dan 10% nya lagi adalah yang tipe 1.

Penyebab diabetes itu sendiri adalah faktor utamanya pola hidup yang tidak sehat. Meskipun penyakit ini sangat berbahaya namun penderita diabetes bisa hidup normal jika kita berusaha menjalankan pola hidup sehat untuk mencegah diabetes ini. Meskipun untuk menjalani pola hidup sehat itu tidak mudah, namun bagi Anda penderita diabetes mau tidak mau harus menerapkannya.

Gejala diabetes itu ada berbagai macam, namun yang paling sering kita lihat itu adalah penderita mengalami obesitas atau kegemukan. Sehingga faktor utama diabetes ini paling besar dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi, jadi kita harus benar-benar memperhatikan jenis-jenis makanan untuk penderita diabetes agar penyakit ini tidak semakin memburuk nantinya.

Nah, bagi Anda penderita diabetes yang ingin menjalani pola hidup yang sehat maka dapat membaca beberapa cara di bawah ini sehingga aktivitas dan rutinitas penderita diabetes juga bisa berjalan dengan lancar pastinya. Di bawah ini ada lebih dari 5 kunci sehat ala diabetes yang bisa diterapkan.

Berikut 10 Cara Pola Hidup Sehat Penderita Diabetes :

10 Cara Pola Hidup Sehat Penderita Diabetes - Acilhow.com

1. Hindari gula

Gula dalam tubuh penderita diabetes itu biasanya sudah berlebihan, maka mulai saat ini Anda harus benar-benar menghindari gula guna mencegah semakin memburuknya keadaan diabetes yang Anda alami saat ini. Ingat, gula bukan hanya terdapat pada minuman seperti pada kopi dan teh tapi juga pada berbagai macam makanan yang bersifat manis. Selain itu gula juga paling banyak terkandung pada minuman bersoda, alternatif gula pengganti yang baik itu adalah madu.

2. Rutin olahraga

Penyebab diabetes itu bukan hanya dari makanan atau minuman tapi semua itu juga bisa terjadi akibat kita kurang gerak. Tubuh yang kurang gerak otomatis darah juga kurang gerak sehingga kandungan-kandungan gula dalam tubuh akan menumpuk bersama darah. Hal ini dapat kita cegah dengan cara rutin olahraga setiap hari. Sehingga peredaran darah menjadi lancar dan penumpukan gula pada darah tidak akan terjadi. Itulah sebabnya olahraga sangat dianjurkan sebagai gaya hidup pasien diabetes.

3. Perhatikan karbohidrat

Ingat, makanan yang mengandung karbohidrat itu juga bisa mempengaruhi diabetes. Karena karbohidrat bisa berubah menjadi gula sebagai pembentukan energi dalam tubuh kita. Jadi jangan heran apabila Anda terkena diabetes meskipun selama ini jarang mengkonsumsi gula. Dan ditambah lagi akibat kita jarang bergerak. Maka untuk mencegah semua itu pilihlah jenis karbohidrat kompleks seperti pada gandum utuh, roti gandum atau beras merah. Jadi kurangi nasi juga, perbanyak dengan karbohidrat tadi sebagai tambahannya.

4. Perbanyak serat

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Karena serat ini sangat berguna untuk mengurangi kadar glukosa darah yang berlebihan dalam tubuh penderita diabetes. Selain itu serat juga bisa membuat perut kenyang lebih lama, sehingga secara tidak langsung kita bisa meminimalisir mengkonsumsi makanan lainnya yang mungkin mengandung gula. Makanan tinggi serat yang bagus itu seperti beras merah sebagai makanan pokok pengganti nasi misalnya.

5. Perbanyak konsumsi buah

Buah yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah buah dengan kandungan serat yang tinggi. Misalnya saja buah apel, buah pir, buah jambu biji, salak, pepaya atau pisang. Jenis-jenis buah ini sangat bagus dikonsumsi pada penderita diabetes, pasalnya kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya juga sangat bermanfaat menambah nutrisi dalam tubuh kita. Selain itu beberapa jenis buah diatas juga bersifat mengenyangkan karena seperti yang sudah dikatakan bahwa kandungan seratnya tinggi.

6. Perbanyak konsumsi sayuran

Jangan anggap remeh, diabetes karena pola makan yang tidak sehat juga sering terjadi akibat kita jarang mengkonsumsi sayuran. Kandungan vitamin dan nutrisi pada sayuran sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh, untuk penderita diabetes sayuran merupakan lauk pauk yang wajib di konsumsi. Karena hampir semua rata-rata sayuran hijau itu mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

7. Hindari minuman bersoda

Segala minuman yang mengandung soda sebaiknya perlu dihindari. Karena minuman bersoda itu memiliki kadar gula yang cukup tinggi yang bisa mempeparah keadaan diabetes kamu. Tidak jarang orang yang tidak mengetahui bahwa dalam minuman bersoda itu banyak sekali kandungan gulanya. Ada baiknya kamu ganti minuman bersoda kamu dengan susu tanpa gula tambahan.

8. Jaga kesehatan kaki

Dampak kerusakan pada fisik yang paling sering terjadi pada penderita diabetes itu adalah pada bagian kaki kita. Mengapa? Itu saat kita berdiri darah paling banyak berada di kaki, sehingga otomatis glukosa yang berlebih pada penderita diabetes ini juga akan turun ke kaki. Sehingga glukosa berlebih ini paling banyak mengindap di kaki kita. Tak heran apabila ada luka di kaki penderita diabetes itu sangat sulit untuk sembuh akibat darah mengandung banyak gula. Jadi selalu jaga kesehatan kaki kamu, bila perlu gunakan alas kaki untuk menghindari luka.

9. Perbanyak minum air putih

Air putih bermaanfaat untuk menetralisir racun dalam tubuh, untuk penderita diabetes sangat di anjurkan untuk memperbanyak minum air putih. Hal ini bertujuan untuk menetralisir kadar gula pada darah yang berlebihan. Asupan air dalam tubuh tidak boleh berkurang karena diabetes ini sangat erat kaitannya dengan jumlah kebutuhan air yang kita minum sehari-hari.

10. Lakukan pemeriksaan rutin

Pemeriksaan rutin kepada dokter ahli sangat dibutuhkan untuk menjaga kadar diabetes kita. Karena kita tidak tahu bisa saja kadar diabetes suda meningkat, jadi lakukanlah pemeriksaan atau konsultasi sedemikian rupa. Sehingga kita tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan serta pantangan apa saja yang harus dihindari agar diabetes bisa sembuh.

Baca juga : 10 Cara Pola Hidup Sehat untuk Diet

0 Response to "10 Cara Pola Hidup Sehat Penderita Diabetes"