10 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Bergizi

Banyak para bumil atau ibu-ibu hamil yang masih kurang mengetahui makanan apa saja yang baik di konsumsi selama masa-masa mengandung. Salah mengkonsumsi makanan selama mengandung tentu saja bisa berakibat fatal bagi si bayi, tidak sedikit kita lihat bayi yang lahir berujung mengalami masalah kesehatan. Sebagian besar kasus yang paling banyak terjadi tentang masalah ini adalah bayi kurang gizi.

Tidak sedikit bayi yang lahir memiliki berat badan yang tidak normal, bahkan jauh dari berat badan normal yang seharusnya tidak terlalu kurus atau tidak juga terlalu gemuk. Namun bayi yang lahir dengan berat badan lebih gemuk itu lebih bagus dari pada bayi yang lahir dengan berat badan yang sangat kurang. Karena biasanya jika bayi lahir kurang gizi itu banyak sekali gangguan kesehatannya dan bahkan bisa mengancam nyawa si kecil. Maka dari itu untuk mencegahnya persiapkan diri sebaik mungkin selama masa-masa mengandung.

Hal pertama yang perlu setiap bumil perhatian adalah pantangan makanan untuk ibu menyusui, misalnya saja seperti menghindari kafein, makananan terlalu pedas atau terlalu asam dan bahkan tidak boleh meminum alkohol. Jadi Anda harus benar-benar memperhatikan makanan yang dilarang untuk ibu menyusui. Setiap ibu hamil wajib mengetahui resep makanan ibu menyusui serta nilai gizinya. Hal ini penting untuk gizi bayi nantinya ketika lahir.

Nah, di artikel kali ini ibu akan tahu apa saja jenis makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas dan gemuk serta makanan ibu menyusui agar bayi tidak mencret. Semua jenis makanan yang akan dijelaskan di sini bisa mencegah bayi kurang gizi asalkan rutin dan dikonsumsi susuai dengan anjurannya atau tidak berlebihan. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak contoh menu makanan ibu menyusui di bawah ini.

Berikut 10 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Bergizi :

10 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Bergizi - Acilhow.com

1. ASI (Air Susu Ibu)

ASI mengandung segala yang dibutuhkan bayi untuk perkembangan yang layak selama enam bulan pertama kehidupan. Komposisi ASI sangat lengkap, pada umumnya satu ons (28 ml) ASI mengandung 19-23 kalori, dengan 3,6-4,8% dari protein, 28,8-32,4% dari lemak dan 26,8-31,2% dari karbohidrat, termasuk laktosa. Tidak seperti susu formula, kandungan kalori dan komposisi ASI bervariasi. ASI berubah selama setiap menyusui dan selama periode laktasi Anda, untuk memenuhi kebutuhan bayi Anda. Pada awal menyusui, ASI lebih berair dan biasanya memuaskan dahaga bayi. Susu yang dihasilkan kemudian lebih tebal, lebih tinggi lemak dan lebih bergizi.

2. Ikan salmon dan sarden

Sebagai warga negara Indonesia makanan pokok kita tentu saja nasi, dan pastinya salah satu lauk-pauk yang paling sering menjadi teman nasi adalah ikan. Namun tahukah Anda ikan terbaik untuk ibu hamil itu adalah ikan salmon atau sarden. Kedua jenis ikan ini sangat bergizi untuk tubuh Anda sehingga gizi yang ada dalam tubuh Anda ini akan diserap juga oleh si bayi saat dalam masa kandungan. Selain salmon dan sarden, kerang dan rumput laut juga bagus untuk ibu hamil. Ini adalah salah satu makanan ibu menyusui agar bayi gemuk sehat dan cerdas.

3. Daging sapi atau domba

Tidak hanya jenis ikan, ibu hamil juga perlu sering mengkonusmsi jenis daging yang berasal dari daging sapi atau daging domba. Kedua jenis daging ini kaya akan protein, selain itu makanan ini padat nutrisi sehingga bisa mencegah bayi lahir kurang gizi nantinya. Kandungan zat besinya juga sangat tinggi yang terdapat dalam daging sapi atau daging domba. Oleh sebab itu perbanyaklah mengkonsumsi makanan ini selain jenis ikan salmon atau ikan sarden.

4. Telur ayam

Telur kaya akan kandungan selenium, seng, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D serta kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Mengkonsumsi telur untuk ibu hamil tentu saja sangat di anjurkan supa bayi lahir dengan gizi yang tercukupi. Banyak yang bertanya bolehkah ibu menyusui makan telur? Jawabannya tentu saja boleh. Namun jangan mengkonsumsi telur setengah matang, karena bisa menyebabkan resiko infeksi Salmonella yang bisa menular pada bayi. Jadi mengkonsumsi telur harus benar-benar telur yang sudah di masak dengan matang, baik itu di rebus atau di goreng.

5. Kentang rebus

Selain nasi, kentang mengandung karbohidrat serta memliki kandungan nutrisi yang cukup baik untuk membantu masa-masa pertumbuhan bayi dalam kandungan. Mengingat para ibu hamil membutuhkan energi yang cukup besar, energi ini juga akan diserap oleh si bayi pastinya sehingga bayi dalam kandungan juga berenergi dan selalu kuat. Sehingga ibu-ibu hamil direkomendasikan untuk sering memakan kentang rebus di sela-sela waktu kosong setelah makan nasi.

6. Roti atau bubur gandum

Gandum adalah jenis padi-padian yang biasanya sudah di olah menjadi tepung untuk dijadikan roti ataupun bubur gandun. Nah, makanan yang satu ini juga sangat kaya akan gizi, selain kandungan karbohidrat gandum mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Selain dapat sehat untuk diri sendiri, sumber nutrisi pengganti beras ini sangat bagus buat para ibu hamil jika sering di makan, karena dapat mencegah bayi kurang gizi. Ini adalah salah satu makanan ibu menyusui agar bayi tidak mencret.

7. Buah-buahan

Segala jenis buah biasanya sehat dan memiliki kandungan gizi serta kandungan nutrisinya masing-masing. Namun ada beberapa buah yang paling bagus khususnya untuk para ibu hamil yaitu buah berry, buah pisang dan tomat. Ketiga buah ini bisa di bilang paling bagus jika sering dikonsumsi oleh para bumil, namun agar lebih efektif lagi khasiatnya buah berry, pisangg atau tomat di jadikan jus sebelum di konsumsi.

8. Sayur-sayuran

Sama seperti buah-buahan pada umumnya, sayur-sayuran juga mempunyai nilai gizi dan nutrisinya masing-masing. Tapi tentu saja khusus ibu hamil ada beberapa sayur yang paling bagus yang bisa mempengaruhi kesehatan bayi semasa kandungan yaitu kol, kubis, brokoli dan bawang putih. Jenis sayur yang disebutkan ini dapat kamu manfaatkan sebagai makanan sehari-hari pendamping nasi agar bayi dalam kandungan tetap sehat.

9. Kacang-kacangan

Setiap jenis kacang itu berbeda-beda, sehingga kandungan nutrisi dan gizinya pun berbeda-beda pula. Pilahan beberapa jenis kacang terbaik untuk ibu hamil adalah kacang almond, kacang kenari, biji rami dan biji chia. Ke empat jenis kacang tersebut mempunyai nutrisi yang tinggi yang bisa menambah asupan gizi para ibu hamil sebagai cemilan terbaik di sela-sela waktu santai Anda. Kacang tersebut akan memberikan gizi tambahan untuk Anda dan bayi pastinya.

10. Susu formula

Selain ASI, para ibu hamil juga diwajibkan untuk meminum susu formula khusus buat wanita hamil. Ini adalah salah satu asupan terbaik untuk sebagai nutrisi 4 sehat 5 sempurna bagi Anda dan si buah hati. Dalam susu formula khusus ibu hamil tentu saja sudah mengandung nutrisi, gizi, vitamin yang sangat lengkap untuk mencegah bayi lahir kurang gizi. Maka dari itu selain mengkonsumsi jenis-jenis makanan di atas, kamu juga perlu susu formula sebagai pelengkapnya.

Baca juga : 8 Makanan Sehat untuk Menambah Berat Badan Anak

0 Response to "10 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Bergizi"