8 Makanan Sehat untuk Mata yang Bermasalah

Mata adalah salah satu organ tubuh yang paling patut untuk kita jaga. Fungsi mata sendiri tentu saja untuk melihat, namun karena pola hidup yang tidak sehat ataupun karena faktor lainnya ada saja yang bisa menyebabkan masalah pada mata beberapa diantaranya seperti masalah mata rabun, minus, mata merah, katarak, silinder dan plus.

Dari beberapa masalah mata yang disebutkan diatas, masalah mata yang paling umum dan sering terjadi itu adalah mata kuning. Ya, hampir semua orang pernah mengalaminya. Hal ini mengingat bahwa faktor kelelahan juga bisa mempengaruhi kesehatan mata kita sendiri. Sering mengucek mata sendiri juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata kita. Dan mata juga harus terlindungi dari partikel kecil atau benda-benda asing di sekitar kita termasuk polusi udara.

Oleh sebab itu menjaga kesehatan mata benar-benar tidak mudah, selain harus dijaga dari luar kamu juga harus menjaga mata dari dalam. Salah satu upaya menjaga mata dari dalam adalah tentu saja memberikan asupan nutrisi kepada mata yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat. Makanan yang baik untuk kesehatan mata adalah vitamin A. Namun vitamin A bukanlah satu-satunya vitamin yang berperan penting dalam menutrisi mata kita.

Sebab beberapa vitamin dan nutrisi tertentu juga bisa menyehatkan mata seperti makanan yang mengandung lutein, zeaxanthin, seng serta omega-3. Tapi ada juga makanan yang dilarang untuk mata minus seperti makanan yang mengandung lemak tak jenuh, sehingga tidak semua makanan itu baik untuk mata. Nah, pada kesempatan kali ini, di artikel ini Anda akan mengetahui apa saja makanan sehat untuk mata minus termasuk makanan yang baik untuk retina mata. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini.

Berikut 8 Makanan Sehat untuk Mata yang Bermasalah :

8 Makanan Sehat untuk Mata yang Bermasalah - Acilhow.com

1. Ikan salmon

Ikan salmon bisa menjadi makanan yang enak dikonsumsi untuk kesehatan mata. Salmon memiliki asam lemak omega-3. Ini adalah lemak "sehat". Asam lemak omega-3 dapat berkontribusi pada perkembangan visual dan kesehatan retina di bagian belakang mata. Mereka juga dapat membantu mencegah mata kering. Pertimbangkan memasukkan ikan ke dalam rencana makan Anda beberapa hari seminggu. Saat membeli salmon, pilih versi tangkapan liar dari pada salmon hasil peternakan. Itu karena salmon yang dibesarkan di peternakan memiliki lebih banyak lemak jenuh dan kurang omega-3 dari salmon tangkapan liar.

2. Telur

Telur adalah makanan yang enak dikonsumsi untuk kesehatan mata. Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng, yang semuanya penting untuk kesehatan mata. Vitamin A melindungi kornea. Kornea adalah permukaan mata. Lutein dan zeaxanthin mampu mengatasi kondisi mata yang serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Seng berkontribusi pada kesehatan retina. Retina adalah bagian belakang mata. Seng juga membantu mata melihat di malam hari. Jadi kamu harus benar-benar mengkonsumsi telur secara rutin agar mata sehat.

3. Kacang almond

Kacang almond sama seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, umumnya baik untuk kesehatan mata. Tapi Almond banyak mengandung vitamin E dari pada kacang lainnya. Vitamin ini menjaga molekul yang tidak stabil yang menargetkan jaringan sehat pada mata. Mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia serta katarak. Anda harus mempertimbangkan untuk mendapat asupan 15 mg vitamin E sehari. Selain almond kacang-kacangan dan biji-bijian lain yang mengandung vitamin E juga ada termasuk biji bunga matahari, hazelnut, dan kacang tanah tapi kacang almond yang terbaik.

4. Wortel

Wortel terkenal baik untuk kesehatan mata karena ini adalah buah untuk mata kabur atau buah untuk mata buram. Seperti kuning telur, wortel mengandung vitamin A dan juga beta karoten. Vitamin A dan beta karoten membantu permukaan mata dan juga dapat membantu mencegah infeksi mata dan kondisi mata serius lainnya. Wortel mudah dimakan saat bepergian. Masukkan juga wortel ke dalam salad dan sup untuk menambah nutrisi sebagai makanan tambahan. Wortel juga baik dikonsumsi secara langsung meskipun tidak direbus terlebih dahulu, namun pastikan sudah di cuci bersih dan kulitnya sudah di kupas sebelumnya.

5. Susu

Susu mengandung vitamin A dan juga mineral seng. Seng ditemukan di seluruh mata, terutama retina dan koroid, yang merupakan jaringan pembuluh darah yang terletak di bawah retina. Mineral penting ini membantu penglihatan malam hari serta pencegahan katarak. Susu dari sapi yang diberi makan rumput memberikan manfaat paling banyak. Susu dapat dikonsumsi sepanjang hari atau menikmatinya dalam kopi dan teh yang sudah di campur susu.

6. Sayur kale

Kale dikenal sebagai makanan super oleh banyak orang karena mengandung begitu banyak vitamin, nutrisi, dan mineral penting. Ini sangat baik untuk kesehatan mata. Kale memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin, juga ditemukan dalam telur dan makanan lainnya. Nutrisi ini dapat membantu mencegah kondisi mata yang serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Lutein dan zeaxanthin tidak dibuat dalam tubuh, jadi Anda harus memasukkannya ke dalam makanan Anda. Satu porsi kale 100 gram, yaitu sekitar 1 setengah gelas, mengandung 11,4 mg lutein, dan disarankan Anda mendapat 10 mg per hari. Sayuran lain yang tinggi lutein adalah paprika merah dan bayam.

7. Jeruk

Jeruk dan buah jeruk lainnya mengandung vitamin C, yang merupakan kunci untuk kesehatan mata. Vitamin, yang ditemukan terutama dalam buah-buahan dan sayuran segar, berkontribusi pada pembuluh darah yang sehat di mata Anda. Ini dapat memerangi perkembangan katarak, dan dalam kombinasi dengan vitamin dan nutrisi lainnya, degenerasi makula terkait usia. Untuk menikmati jeruk, Anda bisa makan jeruk yang telah di olah menjadi seperti jus buah untuk kesehatan mata, mengupasnya sebagai camilan, atau menambahkannya ke salad buah.

8. Brokoli dan kubis

Kandungan vitamin A, vitamin E dan antioksidan lutein serta zeaxanthin juga bisa Anda temukan pada brokoli dan kubis. Hampir sama seperti sayur kale, brokoli dan kubis berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Karena seperti yang kita ketahui bahwa sayur kale terkadang sulit untuk di dapat maka alternatifnya adalah brokoli dan kubis. Pastikan jenis sayur ini selalu menjadi menu makan besar Anda setiap harinya untuk merasakan dampak yang lebih pada mata.

Baca juga : 10 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Bergizi

0 Response to "8 Makanan Sehat untuk Mata yang Bermasalah"