8 Makanan Sehat untuk Menambah Berat Badan Anak

Masalah pertumbuhan memang sering kali di alami oleh anak-anak. Mulai dari kurang tinggi sampai kurang berat badan. Jika tubuh anak terlalu kurus juga tidak bagus untuk kesehatan sehingga mau tidak mau kita harus mencari cara bagaimana supaya anak memiliki badan yang berisi seperti anak-anak normal lain yang seusianya, bukankah begitu?

Sebagai orang tua yang bijak, selain harus menjaga pola makan yang sehat, anak juga perlu diperhatikan pola hidupnya. Salah satunya dengan tidak membiasakan anak tidur terlalu larut malam, tidak membiasakan anak jajan sembarangan serta selalu memastikan bahwa anak makan 3 kali sehari atau bahkan lebih.

Pastikan anak Anda tidak sedang mengalami cacingan. Karena semua jenis makanan sehat yang dikonsumsinya itu menjadi sia-sia saja. Jadi tidak heran apabila anak sulit sekali gemuk. Oleh sebab itu periksalah sesekali anak apakah cacingan atau tidak. Cara mengatasi cacingan pada anak secara alami dan sehat bisa anda manfaatkan jus wortel.

Jangan lupa memberikan suplemen penambah berat badan anak juga diperlukan, atau bisa juga dengan memberikan sesekali asupan vitamin penambah berat badan anak di apotik pastinya. Tujuannya agar berat badannya lebih cepat naik, tapi pastinya di bantu dengan beberapa jenis makanan penambah berat badan anak seperti yang dijelaskan pada artikel ini. Maka bukan tidak mungkin anak jadi cepat gemuk, silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

Berikut 8 Makanan Sehat untuk Menambah Berat Badan Anak :

8 Makanan Sehat untuk Menambah Berat Badan Anak - Acilhow.com

1. Pisang

Pisang adalah buah yang sangat lezat dengan tekstur dagingnya yang sangat lunak, sehingga cocok bagi siapa saja yang mengkonsumsinya termasuk anak-anak atau bayi sekalipun. Di dalam pisang mengandung lemak serta kalori jenis baik yang bisa menambah berat badan seseorang. Ini adalah salah satu makanan penambah berat badan bayi 13 bulan. Jadi tidak heran apabila pisang sering kali di manfaatkan sebagai makanan para bayi selama masa pertumbuhannya.

2. Telur ayam rebus

Telur ayam adalah makanan yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein pada telur ayam bisa bermanfaat sebagai pembentukan otot, namun untuk si kecil telur ayam harus direbus baru diberikan agar mau di makan. Sedangkan untuk orang dewasa telur dapat dikonsumsi secara langsung tanpa di goreng atau di direbus. Rutin mengkonsumsi telur dua kali sehari bisa membantu pertumbuhan masa otot anak lebih cepat sehingga anak terlihat lebih gemuk berisi.

3. Susu full krim

Sudah bukan rahasia lagi kalau susu sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena susu mempunyai nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh terutama pada anak-anak. Kandungan nutrisi-nutrisi ini memang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak, namun khusus untuk kamu yang berencana untuk membuat anak cepat gemuk maka pilihlah jenis susu full krim. Karena kandungan lemak sehat dan kalori sehatnya ini bisa sebagai penambah berat badan bagi siapa pun yang mengkonsumsinya. Susu full krim adalah salah satu cara menambah berat badan anak 2 tahun yang sangat bagus diterapkan.

4. Daging ayam

Makanan penambah berat badan anak usia 3 tahun adalah dengan memberinya daging ayam. Tidak seperti daging merah, daging ayam lebih ramah pada pencernaan si kecil. Itu karena tekstur daging ayam lebih lembut dan tidak sekeras daging merah. Tapi untuk orang dewasa itu yang bagus adalah daging merah (daging sapi). Selain mempunyai kandungan protein seperti telurnya, daging ayam ini mempunyai kandungan zat besi serta beberapa vitamin yang bagus dalam masa pertumbuhan kita bukan hanya bagus untuk anak pastinya. Maka oleh sebab itu berikan anak makanan sehat ini, tapi jika usianya belum cukup berikan bubur ayam.

5. Kentang rebus

Kandungan karbohirat yang terdapat pada kentang bisa menjadi penambah sumber energi pada si kecil sebagai pengganti nasi. Selain bagus untuk menambah berat badan anak, kentang rebus juga bermanfaat untuk menambah berat badan orang dewasa tapi tentu saja dengan porsi yang berbeda. Untuk anak cukup diberikan satu buah kentang rebus setiap hari, jika belum cukup usia kentang bisa dihaluskan sedikit supaya anak mudah saat mengunyahnya. Untuk orang dewasa dapat memakan 2-3 kentang rebus setiap harinya agar hasilnya lebih efektif.

6. Bubur kacang hijau

Biasanya semua anak suka dengan bubur kacang hijau, hal ini karena mereka menganggap bubur kacang hijau adalah makanan yang unik sangat berbeda dengan nasi yang mereka rasa sangat membosankan. Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak cepat bosan, jika anak sedang malas makan maka cobalah berikan si anak bubur kacang hijau yang sudah di campur dengan susu di dalamnya. Ini adalah salah satu makanan penambah berat badan bayi 18 bulan.

7. Biskuit gandum

Jika selama ini nafsu makan anak berkurang, selain bubur kacang hijau cobalah berikan anak tersebut dengan biskuit gandum di campur bersama susu. Tahukah Anda dalam gandum terdapat karbohidrat seperti nasi, namun uniknya gandum juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga sangat bagus untuk pencernaan si kecil. Ini adalah makanan penambah berat badan bayi 15 bulan yang paling sering dimanfaatkan oleh para ibu-ibu rumah tangga. Tapi jika anak belum bisa mengunyah, maka dapat memberikannya bubur gandum dengan tekstur yang lebih halus.

8. Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik serta kalori jenis baik sehingga aman meskipun dikonsumsi berlebihan. Lemak dan kalori pada alpukat ini sangat bagus untuk sebagai penambah berat badan anak. Selain sehat alpukat sangat lezat, jadi cocok buat cemilan si kecil di waktu santainya. Kamu bisa mengolah semangkuk alpukat kocok atau mengolahnya menjadi jus lalu berikan pada anak untuk di minum secara rutin. Kalau bisa tambahkan susu didalamnya serta madu sebagai pemanis rasa. Jangan terlalu sering menggunakan gula pasir karena tidak bagus untuk kesehatannya.

Baca juga : 8 Makanan Sehat Penambah Berat Badan Terbaik

0 Response to "8 Makanan Sehat untuk Menambah Berat Badan Anak"