10 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Bagus

Diabetes adalah suatu kondisi yang bersifat kronis dimana glukosa gula darah dalam tubuh tidak stabil. Kondisi membuat penumpukan gula secara berlebihan pada darah sehingga mengganggu fungsi darah, akibatnya dapat mempengaruhi organ-organ lain pada tubuh. Penyakit diabetes juga sering disebut dengan kencing manis, diketahui ada 2 jenis diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2.

Secara umum diabetes tipe 1 itu lebih mempengaruhi kondisi kronis pada pankreas yang memproduksi insulin, jadi jika terkena diabetes tipe 1 ini makan produksi insulin yang seharusnya normal menjadi sedikit dan bahkan tidak dapat diproduksi sama sekali. Sedangkan diabetes melitus tipe 2 itu lebih kronis dalam mempengaruhi cara tubuh untuk memproses gula dara atau yang sering disebut dengan glukosa, jika terkena diabetes tipe 2 ini maka dalam tubuh terdapat banyak penumpukan gula yang bisa menggangu fungsi organ dalam tubuh.

Kedua jenis diabetes di atas tentu saja sama-sama berbahaya untuk kesehatan, sehingga perlu diatasi secara medis atau menjalani pola hidup sehat. Kamu juga harus mengetahui pantangan makanan untuk penderita diabetes kering sehingga harus tahu makanan yang harus dihindari penderita diabetes, selain itu kamu juga harus menerapkan menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes yang sehat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi diabetes serta mencegahnya.

Penyebab diabetes adalah salah satunya pola makan yang tidak sehat, beberapa diantaranya itu seperti kebanyakan mengkonsumsi makanan yang bersifat manis atau banyak mengandung gula. Biasanya area tubuh yang paling dampak terjadi jika terkena diabetes adalah pada bagian kaki, bila ada luka pada kaki sedikit saja maka luka tersebut akan sangat sulit sekali untuk sembuh. Dan bahkan luka kecil itu bisa menjadi bertambah besar dan parah akibat diabetes yang kita alami.

Berikut 10 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Bagus :

10 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Bagus - Acilhow.com

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah makanan yang sangat bergizi dan rendah kalori. Sayur hijau juga sangat rendah karbohidrat serta makanan ini sangat mudah dicerna. Jika anda sedang mencari sayur dan buah untuk penderita diabetes maka jawabannya adalah bayam, kangkung dan brokoli. Ketiganya memiliki sumber mineral serta vitamin C sebagai asupan untuk mengurangi peningkatan kadar gula darah serta mampu mengatasi tekanan darah tinggi. Selain itu sayuran hijau memiliki antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan.

2. Buah stroberi

Jika Anda sedang mencari buah untuk penderita diabetes maka Stroberi adalah jawabannya. Ya, stroberi adalah salah satu buah yang paling bergizi yang bisa Anda makan karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi yang bernama anthocyanin sehingga warna buahnya merah muda. Kandungan Anthocyanin ini telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol serta memperbaiki insulin untuk penderita diabetes pastinya. Namun hati-hati karena tidak semua buah itu baik untuk penderita diabetes karena ada buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes yaitu buah yang mengandung banyak gula.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih bisa mengurangi peradangan, gula darah dan kolesterol LDL pada diabetisi tipe 2. Bawang putih juga sangat efektif dalam mengurangi tekanan darah. Selain itu orang dengan tekanan darah tinggi, rutin mengonsumsi bawang putih bisa menurunkan tekanan darah. Sehingga bawang putih ini bermanfaat untuk membantu menurunkan gula darah, peradangan, kolesterol LDL dan tekanan darah pada penderita diabetes pastinya.

4. Kunyit

Kunyit adalah rempah dengan manfaat kesehatan yang sangat bagus. Bahan aktifnya, curcumin, dapat menurunkan peradangan dan kadar gula darah, sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung. Terlebih lagi, curcumin sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal pada penderita diabetes sebab diabetes adalah salah satu penyebab utama penyakit ginjal. Intinya kunyit memiliki kandungan curcumin yang bisa mengurangi kadar gula darah dan peradangan sekaligus melindungi dari penyakit jantung dan ginjal dalam tubuh kita.

5. Biji chia

Biji chia adalah makanan sehat yang jarang diketahui untuk mengatasi diabetes. Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, namun rendah karbohidrat yang mudah dicerna. Biji chia juga memiliki kandungan serat yang tidak akan meningkatkan gula darah. Dalam biji chia benar-benar dapat menurunkan kadar gula darah Anda. Jadi biji chia itu mengandung serat yang cukup tinggi tapi rendah karbohidrat sehingga dapat dicerna dan dapat menurunkan tekanan darah atau peradangan.

6. Kayu manis

Kayu manis adalah bumbu yang lezat dengan kandungan antioksidan yang kuat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sebuah analisis baru-baru ini terhadap 10 studi menemukan bahwa kayu manis juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Intinya kayu manis dapat mengontrol gula darah, sensitivitas insulin, kadar kolesterol dan trigliserida khususnya pada penderita diabetes tipe 2.

7. Ikan salmon dan sarden

Ikan salmon dan sarden adalah salah satu makanan tersehat di dunia. Salmon dan sarden memiliki kandungan sumber asam lemak omega-3 DHA dan EPA, yang bermanfaat besar bagi kesehatan jantung. DHA dan EPA melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah Anda, mengurangi tanda-tanda peradangan dan meningkatkan cara fungsi arteri Anda setelah makan. Intinya dengan kandunga lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan dan faktor risiko lain untuk penyakit jantung dan stroke akibat diabetes.

8. Telur

Telur memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Bahkan, telur merupakan salah satu makanan terbaik untuk membuat Anda kenyang selama berjam-jam. Kandungannya ini bisa mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol bik) dan mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Pastikan untuk makan telur utuh. Manfaat telur terutama karena nutrisi yang ditemukan di kuning telur daripada putih.

9. Yoghurt

Yoghurt adalah pilihan susu yang bagus untuk penderita diabetes. Telah terbukti mampu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, mungkin sebagian karena probiotik yang dikandungnya. Intinya Yoghurt meningkatkan kadar gula darah yang sehat, mengurangi faktor risiko penyakit jantung dan dapat membantu dalam pengelolaan berat badan. Tapi kalau bisa konsumsilah yoghurt tanpa gula tambahan. Ini adalah cemilan untuk penderita diabetes yang sangat sehat.

10. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang mengandung serat dan rendah karbohidrat yang dapat dicerna, namun beberapa jenis kacang yang bagus untuk penderita diabetes adalah kacang Almond, kacang mete, Hazelnut, Macadamia dan Kacang kenari. Penelitian tentang berbagai kacang yang berbeda telah menunjukkan bahwa konsumsi teratur dapat mengurangi peradangan dan menurunkan kadar gula darah, HbA1c dan LDL. Intinya kacang jenis tersebut adalah makanan tambahan sehat untuk diet diabetes.

Baca juga : 10 Makanan Sehat untuk Diet yang Paling Bagus

0 Response to "10 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Bagus"