10 Cara Pola Hidup Sehat Agar Tidak Berjerawat

Jerawat adalah benjolan kecil yang terjadi pada permukaan kulit dengan penderita yang cukup banyak terutama para golongan remaja. Tidak ada satupun orang yang melewati hidupnya tanpa pernah mengalami jerawat. Sehingga bisa dikatakan penyakit kulit yang satu ini pasti akan di alami oleh semua orang terutama bagi mereka yang sudah melewati masa remaja.

Penyebab jerawat adalah akibat pori-pori kulit yang tersumbat oleh partikel asing atau kotoran halus yang menutupi kulit sehingga secara alami menimbulkan kantung yang berisi nanah dengan keadaan meradang. Perubahan hormon yang merangsang kelenjar minyak pada kulit juga menjadi salah satu penyebab terjadinya jerawat. Selain itu jerawat juga bisa di sebabkan oleh makanan maupun pola hidup yang tidak sehat.

Gejala jerawat bisa kita lihat dengan munculnya benjolan kecil pada permukaan kulit, dan biasanya benjolan ini berwarna kemerahan atau kehitaman. Jika disentuh biasanya terasa sakit, namun ada juga yang tidak terasa sakit. Bagian permukaan yang paling sering di tumbuhi jerawat adalah area permukaann wajah meskipun jerawat juga bisa terjadi di badan, tangan atau area kaki.

Dalam dunia medis jerawat terdiri dari 2 jenis yaitu jerawat biasa dan jerawat batu. Untuk jerawat biasa itu terkadang bisa hilang dengan sendirinya namun untuk jerawat batu biasanya bisa sampai permanen. Menu makanan sehat untuk menghilangkan jerawat adalah salah satu cara untuk mengatasi penyakit kulit yang satu ini. Selain menu makanan sehat kamu juga harus tahu cara menjaga pola makan untuk kulit berjerawat.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap bagaimana menu makanan sehat untuk kulit berjerawat dan pola makan untuk wajah berjerawat. Sehingga di artikel ini kamu akan mengetahui cara pola hidup sehat agar tidak berjerawat lagi. Oke langsung saja, untuk lebih jelasnya silahkan simak di bawah berikut ini.

Berikut 10 Cara Pola Hidup Sehat Agar Tidak Berjerawat :

10 Cara Pola Hidup Sehat Agar Tidak Berjerawat - Acilhow.com

1. Cukup minum air putih

Air putih itu penting sekali untuk mengatasi masalah-masalah kulit secara alami, kurang minum air putih bisa membuat kesehatan kulit menurun dan salah satunya itu bisa menyebabkan jerawat. Minum air putih 8 gelas sehari itu adalah fakta yang kurang tepat, karena air putih harus di minum susuai jumlah asupan tubuh atau sesuai dengan berat tubuh kamu. Asupan air putih yang benar adalah dibagi 30 dengan berat badan kamu, contohnya jika berat badan kamu 60 kg bagi 30 dan hasilnya 2. Jadi kamu harus minum 2 liter air putih dalam sehari.

2. Perbanyak makan buah

Masalah kulit juga bisa terjadi pada siapa saja jika kamu adalah salah satu orang yang jarang mengkonsumsi buah-buahan. Karena buah memliki kandungan vitamin dan nutrisinya masing-masing dan semua kompenen gizi tersebut juga memilih manfaatnya masing-masing beberapa diantaranya untuk mencegah jerawat. Adapun buah yang dimakan untuk menghilangkan jerawat secara alami adalah berupa mentimun, pepaya, tomat, alpukat, jeruk nipis, mengkudu, pisang, jeruk dan buah naga. Beberapa jenis ini juga bisa untuk pemakaian luar untuk mengatasi jerawat.

3. Tidur malam tepat waktu

Kebiasaan begadang dan sering tidur terlalu larut malam bisa berdampak pada kesehatan kulit. Selain bisa memicu tumbuhny jerawat dengan cepat, kamu juga akan mengalami kulit kering dan bahkan masalah kulit keriput atau penuaan dini. Tak heran apabila orang yang sering begadang itu fisiknya akan terlihat lebih tua ketimbang orang yang sebaya dengannya dengan pola jadwal tidur yang teratur. Maka dari itu pastikan kualitas tidur kamu itu tercukupi dan hindari begadang.

4. Rutin membersihkan wajah

Selain harus mandi pagi dan sore hari, kamu juga harus rutin membersihkan wajah setiap hari. Karena dengan mandi saja tidak cukup untuk menghindari wajah kamu dari kotoran, minyak dan polusi udara. Kita harus sering cuci wajah dengan air untuk mencegah penumpukan partikel asing yang menempel pada wajah, sehingga dengan begitu wajah selalu bersih dan kotoran tidak akan menutupi serta menyumbati pori-pori permukaan kulit kita.

5. Hati-hati dengan kosmetik

Tidak semua jenis kosmetik terutama bedak itu cocok dengan jenis kulit wajah Anda, karena ada beberapa kosmetik yang bisa memicu munculnya jerawat. Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab jerawat itu salah satunya adalah akibat penyumbatan pori-pori pada permukaan kulit. Maka jangan sampai bedak yang digunakan selama ini menjadi masalah tersebut. Oleh sebab itu memilih kosmetik juga harus jeli, usahakan pilih yang ramah lingkungan khususnya untuk wajah. Selain itu kita juga harus rutin membersihkan sisa kosmetik tadi, jangan sampai dibiarkan sampai waktu tidur hingga ke esokan harinya khususnya untuk kaum wanita.

6. Batasi penggunaan gadget

Gadget seperti handphone dan laptop juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Itu semua karena efek radiasi serta paparan sinar cahaya gadget itu ke wajah kita. Terlalu lama main gadget dapat memicu jerawat, terutama sekali penggunaan telepon genggam terlebih lagi saat sedang berkomunikasi. Radiasi serta paparan cahaya yang menempel ditelinga kita saat kita sedang berkomunikasi ini bisa sangat dengan mudah merusak jaringan kulit sehingga memicu timbulnya jerawat.

7. Kurangi makanan berlemak

Jenis makanan yang dapat menyebabkan munculnya jerawat juga bisa terjadi apabila seseorang terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Ada banyak menu makanan untuk kulit berjerawat yang sehat untuk bisa kita konsumsi. Tapi tidak semua makanan berlemak memicu jerawat seperti alpukat misalnya. Karena lemak dalam alpukat itu adalah lemak baik dan tidak akan mempengaruhi jerawat. Sedangkan lemak yang bisa memicu jerawat di sini adalah lemak trans atau makanan penyebab jerawat yaitu jenis lemak yang biasanya terkandung pada makanan siap saji seperti gorengan, nasi goreng, olahan kue dan makanan yang mengandung minyak lainnya.

8. Hati-hati dengan styling rambut

Khususnya untuk para kaum pria yang sudah terbiasa menggunakan styling rambut sebagai penata rambutnya. Karena ada beberapa jenis styling yang tidak cocok dengan kulit kepala sehingga sering kali saat cuaca panas bahannya ini mudah mencair dan menempel pada kulit wajah yang dapat memicu terjadinya jerawat. Untuk mencegahnya harus sering cuci rambut atau ganti jenis styling rambut lain yang ramah untuk kulit.

9. Perhatikan cara tidur

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa salah posisi saat tidur itu bisa menyebabkan jerawat. Namun bukan posisi badan, tapi adalah posisi wajah. Ya, kebiasan tidur dengan posisi wajah ke samping yang menempel pada bantal dapat memicu tumbuhnya jerawat. Hal ini karena suhu kulit pada area wajah yang menempel pada bantal tadi menjadi panas. Selain itu pada saat tidur rambut juga tidak boleh menempel dengan wajah, khususnya bagi kaum perempuan yang mempunyai rambut panjang.

10. Hindari stres

Pola hidup sehat terakhir yang harus kamu jalani untuk menghindari jerawat adalah dengan cara tidak terlalu stres atau tidak sering memikirkan masalah. Sebab jika sering memikirkan masalah hingga stres itu bisa merusak jaringan kulit, bukan hanya menimbulkan masalah jerawat sebab kulit wajah kamu juga akan mudah keriput dan kamu akan kelihatan tua. Oleh sebab itu jangan terlalu sering berada dalam beban pikiran yang berat, jalani saja hidup dengan suasana ceria meskipun sedang dalam masalah.


Selain 10 cara di atas, kamu juga harus bijak dalam menjaga pola makan dengan rutin karena jerawat dan pola makan ini juga sangat erat kaitannya. Demikianlah cara pola hidup sehat supaya tidak jerawat. Semoga ada beberapa cara di atas yang bisa membuka gagasan baru untuk Anda. Selamat mencoba...

Baca juga : 8 Cara Pola Hidup Sehat untuk Remaja

0 Response to "10 Cara Pola Hidup Sehat Agar Tidak Berjerawat"