10 Cara Pola Hidup Sehat Penderita Hipertensi

Hipertensi adalah tekanan darah tinggi yang terjadi pada dinding arteri dalam tubuh. Kondisi ini sering kali tidak disadari oleh penderita, namun saat mulai merasakan gejala-gejalanya barulah biasanya penderita mengetahui bahwa dirinya sedang bermasalah dengan hipertensi.

Gejala hipertensi adalah pusing, sakit kepala, mual, telinga berdenging, lelah, mata buram, kebingungan dan jantung berdebar-debar. Namun hampir sebagian kasus hipertensi jarang sekali mengalami gejala-gejala tersebut atau bisa di katakan penderita tidak mengalami gejala apapun, sehingga tidak heran apabila penderita hipertensi jarang menyadari bahwa dirinya sedang mengalami darah tinggi.

Salah satu cara untuk mengetahui rendah tingginya darah adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter atau ke rumah sakit. Hipertensi sangat berbahaya bagi kesehatan jika terus dibiarkan terlalu lama, sebab bisa memicu serangan jantung dan stroke secara mendadak. Maka dari itu hipertensi harus cepat ditangani dan menghindari pantangannya.

Penyebab hipertensi adalah salah satunya akibat pola hidup tidak sehat, dan juga pola makan yang tidak sehat. Salah satunya karena penderita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam misalnya. Selain pola hidup sehat, hipertensi juga bisa di atasi seperti memanfaatkan makanan penurun darah tinggi dengan cepat.

Orang bisa didefinisikan mengalami masalah hipertensi itu pada saat tekanan darahnya berada di ats 140/90 dan akan dianggap parah apabila memasuki angka 180/120 pada saat pemeriksaan secara medis. Tapi tidak perlu khawatir, hipertensi bukan hanya bisa di cegah namun juga bisa di atasi apabla kita merubah polah hidup sehat seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Berikut 10 Cara Pola Hidup Sehat Penderita Hipertensi :

10 Cara Pola Hidup Sehat Penderita Hipertensi - Acilhow.com

1. Hindari konsumsi garam

Cara jitu menurunkan darah tinggi adalah dengan mengurangi sodium atau menghindarinya. Anda pasti sudah tahu bahwa penderita hipertensi itu tidak boleh mengkonsumsi garam secara berlebihan. Hal ini karena garam mengandung sodium dan natrium klorida yang bisa meningkatkan tekanan darah. Garam juga banyak terdapat di berbagai macam makanan, jadi Anda harus berhati-hati dan lebih jeli lagi dalam memilih makanan selama masa penyembuhan.

2. Hindari konsumsi telur asin

Telur asin biasanya dijadikan makanan sebagai pengganti ikan pada saat kita makan nasi, manfaat telur asin itu sendiri sangat bagus unntuk orang yang sedang bermasalah darah rendah. Namun sebaliknya, telur asin ini sangat tidak cocok di makan jika Anda sedang mengidap hipertensi. Maka dari itu sebaiknya hindari dulu sementara mengkonsumsi telur asin, ikan asin atau segala sesuatu yang di asinkan.

3. Rutin olahraga

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang jarang bergerak atau olahraga itu bisa meningkatkan resiko tekanan darah menjadi 4 kali lipat dari pada orang yang sering olahraga dan bergerak. Itulah kenapa jarang olahraga bisa memicu penyakit jantung dan stroke, alasannya adalah karena hipertensi akibat tubuh jarang bergerak. Maka dari itu rutin olahraga secara teratur akan melancarkan peredaran darah sehingga darah tinggi cepat normal kembali.

4. Berhenti merokok

Mungkin sudah tidak perlu kita bahas lagi apa efek samping merokok bagi kesehatan, karena tanpa dijelaskan pun Anda akan melihat sendiri di bungkus rokok itu rata-rata ditulis peringatan bahwa merokok dapat menyebabkan hipertensi. Nah, hipertensi itulah yang disebut dengan darah tinggi. Jika Anda sedang mengalami darah tinggi sebaiknya berhentilah merokok terlebih dahulu.

5. Konsumsi mentimun

Mentimun adalah buah dari golongan sayuran yang paling sering kita jumpai pada hidangan mie atau nasi. Buah yang satu ini sangat dianjurkan untuk penderita darah tinggi karena ini adalah salah satu cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami. Saran kami olah lah mentimun menjadi jus untuk diminum agar khasiatnya lebih terasa dengan cepat.

6. Konsumsi semangka

Selain mentimun ada 1 lagi buah yang berasal dari keluarga timun-timunan. Ya, itu adalah buah semangka yang sangat mudah kita jumpai apabila sedang musimnya. Namun sangat sulit untuk kita dapatkan apabila buah ini belum memasuki musimnya. Tapi untuk khasiatnya sama dengan mentimun yaitu sebagai penurun darah tinggi alami paling cepat. Dan sebaliknya, buah semangka dan mentimun tidak cocok untuk orang darah rendah.

7. Konsumsi sayuran hijau

Menu makanan untuk penderita darah tinggi yang bagus sebagai hidangan bersama makanan pokok adalah sayuran hijau. Kandungan gizi dan nutrisi dalam sayuran hijau akan memperbaiki secara otomatis masalah kesehatan dalam tubuh termasuk masalah hipertensi. Namun sayuran untuk darah tinggi yang paling bagus adalah bayam, wortel, seledri, kubis dan brokoli.

8. Minum jus buah bit

Buah bit adalah buah yang penuh manfaat bagi kesehatan, bisa di bilang buah bit adalah salah satu buah kesehatan paling bagus untuk di konsumsi. Mengkonsumsi sekitar 8 ons buah bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi sampao 10 mm Hg. Untuk hasil yang maksimal buah bit di olah menjadi jus baru di minum agar khasiatnya lebih besar terasa. Ini adalah minuman penurun darah tinggi yang bagus untuk hipertensi.

9. Hindari alkohol

Selain merokok, kamu juga harus menghindari kebiasaan buruk yang satu ini. Darah tinggi akan sangat mudah sekali menyerang kamu apabila kamu terbiasa mengkonsumsi alkohol. Orang dengan darah normal saja bisa terkena hipertensi jika alkohol dikonsumsi berlebihan, apalagi jika kamu yang sedang mengalami tekanan darah tinggi. Maka sebaiknya hindari saja kebiasaan buruk ini.

10. Mengelola stres

Tidah hanya dari pola hidup tidak sehat dan pola makan yang tidak sehat, hipertensi juga bisa terjadi apabila kamu sering memikirkan sebuah masalah sehingga memicu stres ringan. Masalah yang satu ini tentu saja dapat kita cegah dengan cara selalu berpikir positif. Bawa sema masalah dengan santai, jangan terlalu diambil pusing. Usahakan hari-hari kita bahaagia dan menyenangkan meskipun dalam masalah.

Baca juga : 10 Cara Pola Hidup Sehat Penderita Diabetes

0 Response to "10 Cara Pola Hidup Sehat Penderita Hipertensi"