10 Cara Pola Hidup Sehat untuk Penderita Maag

Maag adalah gejala penyakit yang menyerang lambung yang disebut dengan tukak lambung, radang lambung atau asam lambung. Dalam dunia medis maag secara garis besar terdiri dari 2 jenis, yaitu maag akut dan maag kronis. Biasanya maag akut masih tergolong pada jenis maag ringan, sedangkan maag kronis sudah termasuk maag dengan kondisi yang parah.

Penyebab maag adalah karena adanya luka atau peradangan pada lapisan dinding lambung, luka ini terjadi dan disebabkan oleh mikroorganisme ataupun benda asing yang bersifat merugikan. Salah satunya adalah dari faktor makanan, misalnya keseringan mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas ataupun terlalu asam sehingga membuat lambung menjadi bermasalah.

Gejala maag biasanya ditandai dengan perut kembung, mual, bersendawa, susah buang air besar, serta terasa perih pada bagian perut hingga dada. Berita buruknya adalah bahwa maag tidak bisa disembuhkan secara total, namun bisa dicegah agar tidak kambuh lagi salah satunya dengan cara pola hidup sehat. Selain itu kamu juga harus mengetahui bagaimana cara atur pola makan untuk orang maag.

Nah, pada artikel kali ini akan kita bahas secara lengkap bagaimana pola hidup sehat untuk penderita maag kronis atau akut. Meskipun pada kenyataannya maag tidak bisa disembuhkan secara total, tapi apabila anda tekun dalam menjalani langkah-langkah pola hidup sehat di bawah ini maka penyakit maag tidak akan sering kambuh. Intinya kita harus konsisten termasuk menghindari pantangannya.

Berikut 10 Cara Pola Hidup Sehat untuk Penderita Maag :

10 Cara Pola Hidup Sehat untuk Penderita Maag - Acilhow.com

1. Makan dengan teratur

Jadwal makan teratur bagi penderita maag harus diterapkan, penderita maag tidak boleh telat-telat makan, apalagi sampai melewatkan jam makan misalnya jam makan siang, jam makan malam ataupun jam makan pagi. Makan 3 kali sehari itu wajib bagi penderita maag. Karena jika tidak maag akan kambuh serasa perut kembung dan dada terasa sesak akibat gas lambung yang naik ke atas menuju kerongkongan. Sehingga penderita biasanya akan merasakan mual dan muntah, yang paling sering itu menyebabkan sakit kepala.

2. Makan sedikit tapi sering

Jam makan untuk penderita maag itu tidak menentu, jadi tidak bisa di patokan. Makan 3 kali sehari wajib tapi tidak dengan porsi yang seperti biasanya. Maksudnya adalah kamu harus mengurangi porsi makan kamu, artinya porsi makan penderita asam lambung tidak boleh berlebihan. Selanjutnya kamu harus lebih sering makan, jangan sampai perut kosong. Kamu harus menyisipkan jadwal makan kamu lebih sering misalnya 4 atau 5 kali makan sehari namun ingat tetap dalam porsi yang sedikit. Ini juga bagian dari pola makan penderita maag kronis.

3. Makan 2 jam sebelum tidur

Usahakan pada malam hari kamu harus sudah makan setidaknya dua jam sebelum tidur. Hal ini tujuannya untuk meminimalisir terjadinya gas asam lambung naik. Jika gas asam lambung sudah naik maka kamu akan merasakan sesak, jantung berdebar-debar, gelisah dan bahkan tidak bisa tidur sama sekali akibat rasa gelisah berlebihan yang terjadi dengan sendirinya. Oleh sebab itu pastikan atur jadwal makan kamu sebelum tidur.

4. Tidur tepat waktu

Maag terjadi sebagian besar bukan dari faktor makanan saja, tapi ada banyak sekali faktornya. Setelah di teliti oleh pakar ahli ternyata orang-orang yang jadwal tidurnya tidak teratur atau sering begadang itu bisa memicu sakit maag. Kenapa? Karena orang yang suka begadang itu kebanyakan tidak makan lagi setelah makan malam terakhir kalinya, sedangkan tubuh masih beraktivitas melewati ambang batas kemampuan tubuh yang seharusnya memasuki waktu istirahat sehingga perut menjadi cepat kosong. Dan pada saat itulah masalah lambung akan terjadi.

5. Hindari stres

Selain akibat telat-telat tidur, maag juga bisa terjadi pada orang-orang yang sering mengalami stres atau sering mimikirkan hal-hal yang berat seperti masalah pribadi. Kenapa? Itu semua karena otak kita bekerja lebih keras, otak memerlukan nutrisi dan gizi untuk bisa bekerja secara maksimal. Nah, nutrisi ini di ambil dari energi pada makanan yang kita konsumsi. Sehingga secara alami kita akan mengalami gangguan kesehatan salah satunya itu gangguan pencernaan tepatnya pada lambung.

6. Hindari kafein

Maag adalah gejala penyakit yang menjengkelkan, karena ada banyak sekali jenis-jenis makanan yang tidak kita konsumsi lagi. Salah satunya itu adalah kafein, bila Anda pecinta kopi dan teh sebaiknya ganti minuman anda dengan yang lain. Karena kafein ini bisa membuat keadaan lambung semakin memburuk khususnya bagi penderita maag. Kopi dan teh bukan satu-satunya minuman yang mengandung kafein, jadi kamu harus jeli dalam memilih minuman termasuk minuman siap saji.

7. Jangan jajan sembarangan

Bila kamu suka cemilan atau jajan diluar sebaiknya hati-hati, kamu harus tahu apa saja cemilan sehat untuk penderita maag karena penderita maag tidak boleh makan sembarangan. Contohnya saja gorengan atau sebut saja pisang goreng, meskipun pisang itu buah yang bagus untuk kesehatan tapi untuk penderita maag pisang goreng kurang baik di konsumsi karena bisa melemahkan klep kerongkongan bawah yang mengakibatkan cairan lambung bisa naik ke kerongkongan. Selain gorengan, coklat dan makanan tinggi lemak juga tidak bagus dikonsumsi pendeita maag.

8. Hindari asam dan pedas

Makanan yang terlalu asam dan terlalu pedas adalah salah satu penyebab munculnya maag pada lambung Anda. Maka dari jangan mengkonsumsi makanan yang sifatnya terlalu asam atau terlalu pedas, apalagi jika sudah terkena penyakit lambung maka jenis makanan ini tidak bisa di konsumsi lagi jika tidak keadaan lambung bisa semakin parah sampai-sampai terjadi tukak lambung serta iritasi.

9. Hindari makanan berlemak

Makanan berlemak bisa menyebabkan peningkatan peregangan di lambung, segala jenis makanan berlemak tidak baik di konsumsi oleh penderita lambung. Makanan yang mengandung santan seperti kuah ikan tertentu, nasi gurih, es campur, kuah lontong sayur, kuah daging tertentu, atau coklat, kue tar, keju termasuk susu, es krim dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu mulai sekarang bijaklah dalam memilih makanan.

10. Hindari makanan mengandung gas

Ada banyak sekali makanan ataupun minuman yang mengandung gas, namun beberapa diantaranya yang paling banyak kandungan gasnya itu terdapat pada sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong dan pastinya minuman bersoda. Meskipun makanan jenis tersebut pada dasarnya sehat (kecuali minuman bersoda) tapi makanan tersebut tidak bagus untuk kamu yang sedang sakit lambung. Cobalah resep makanan penderita maag yang sehat lainnya yang tidak mengandung gas.

Baca juga : 10 Cara Pola Hidup Sehat Penderita Hipertensi

0 Response to "10 Cara Pola Hidup Sehat untuk Penderita Maag"