Stretch Mark | Penyebab dan Cara Mengatasi

Stretch mark adalah garis-garis atau garis-garis berwarna yang muncul pada kulit Anda dari pertambahan atau pertumbuhan berat badan. Stretch mark sering dimulai dengan tanda merah atau ungu, dan perlahan memudar menjadi putih atau perak seiring waktu. Perbedaan warna membedakan usia tanda. Meskipun mereka mungkin tidak pernah hilang sepenuhnya, perawatan dapat meringankan warna tanda Anda dan mengecilkannya.

Dalam kasus lain, stretch mark menghilang dengan sendirinya. Stretch mark yang lebih baru dan berwarna merah (striae rubra) lebih mudah disembuhkan. Mereka mulai merah karena pembuluh darah ada di bawah kulit. Kehadiran pembuluh darah yang berfungsi memungkinkan stretch mark lebih responsif terhadap penyembuhan. Baik pria maupun wanita bisa mendapatkan stretch mark. Kehamilan dan pubertas adalah dua hal paling umum dalam hidup yang bisa memicu terjainya stretch mark.

Ada banyak prosedur yang menjanjikan untuk menghilangkan stretch mark, tetapi sejauh ini belum ada yang terbukti efektif. Melembabkan kulit Anda dapat membantu meringankan rasa gatal akibat stretch mark. Menerapkan lotion tanning sendiri pada stretch mark Anda adalah cara sementara untuk meminimalkan perbedaan warna antara kulit normal dan stretch mark Anda.

Gejala Stretch Mark :

Stretch mark putih (striae alba) lebih tua dan lebih sulit dihilangkan. Seiring waktu, pembuluh darah Anda akan menyempit, sehingga sulit untuk merangsang produksi kolagen. Hasil penyembuhan mungkin tidak sedrastis dibandingkan dengan tanda peregangan merah, tetapi ada pilihan yang tersedia untuk membantu mereka memudar lebih alami dalam wktu singkat seperti 5 cara mengatasinya yang di jelaskan disini.

Penyebab Stretch Mark :

Stretch mark disebabkan dari peregangan kulit dan peningkatan kortison dalam sistem Anda. Kortison adalah hormon yang diproduksi secara alami oleh kelenjar adrenalin Anda. Namun, memiliki terlalu banyak hormon ini dapat membuat kulit Anda kehilangan elastisitasnya.

Sindrom Cushing, sindrom Marfan, sindrom Ehlers-Danlos, dan gangguan kelenjar adrenal lainnya dapat menyebabkan stretch mark dengan meningkatkan jumlah kortison dalam tubuh Anda.

Orang yang beresiko terkena Stretch Mark :
  • Seorang wanita
  • Seorang kaukasia (memiliki kulit pucat)
  • Memiliki riwayat keluarga dengan stretch mark
  • Sedang hamil atau haid
  • Memiliki riwayat melahirkan bayi besar atau kembar
  • Kelebihan berat badan
  • Mengalami penurunan atau kenaikan berat badan yang dramatis
  • Menggunakan kortikosteroid

Berikut 5 Cara Menghilangkan Stretch Mark Permanen :

Stretch Mark | Penyebab dan Cara Mengatasi - Acilhow.com

1. Lakukan eksfoliasi

Cara sederhana untuk menghilangkan stretch mark putih adalah melalui pengelupasan kulit secara teratur. Menghapus kulit mati dari stretch mark Anda memungkinkan perawatan kulit lainnya menembus lebih dalam dan bekerja lebih cepat.

2. Perawatan topikal

Krim dan salep topikal adalah metode yang lebih terjangkau untuk mengurangi tampilan stretch mark putih. Beberapa krim tersedia bebas, sementara yang lain diresepkan oleh dokter. Diaplikasikan secara teratur, krim topikal dapat meringankan nada tanda peregangan tetapi mungkin tidak sepenuhnya menghilangkannya.

3. Terapi laser

Terapi laser adalah pilihan perawatan umum untuk menghilangkan bekas luka putih. Dalam prosedur ini, laser menembus kulit, memicu regenerasi. Ini merangsang jaringan di sekitar tanda peregangan Anda untuk sembuh dengan kecepatan lebih cepat. Terapi laser merangsang produksi melanin pada area yang terkena, mengaktifkan sel-sel pigmen di kulit Anda. Ini menyebabkan stretch mark Anda menyatu dengan warna kulit normal Anda.

4. Krim tretinoin

Krim tretinoin (Retin-A, Renova) bekerja dengan mengembalikan kolagen , protein berserat yang membantu memberikan elastisitas kulit Anda. Cara terbaik untuk menggunakan krim ini pada stretch mark baru-baru ini adalah merah atau merah muda. Krim ini dapat menyebabkan iritasi kulit. Jika Anda hamil, Anda sebaiknya tidak menggunakan krim tretinoin.

5. Operasi kosmetik

Jika perawatan lain tidak berhasil, operasi kosmetik adalah pilihan. Opsi yang mahal namun efektif ini dapat secara permanen menghilangkan tanda peregangan putih dari tubuh Anda. Namun, penting untuk dipahami bahwa operasi dapat meninggalkan bekasnya sendiri. Prosedur ini membuat kulit dan perut terlihat lebih rata dan kencang. Namun, prosedur bedah disertai dengan sejumlah risiko kesehatan. Sebelum melakukan perawatan ini, diskusikan pilihan Anda dengan dokter Anda.


Pencegahan Stretch Mark :

Tidak ada cara untuk mencegah stretch mark sepenuhnya, bahkan jika Anda menggunakan lotion dan krim secara teratur. Namun, menjaga berat badan Anda dalam kisaran yang sehat dengan makan dengan baik dan berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah stretch mark yang disebabkan oleh kenaikan atau penurunan berat badan secara tiba-tiba. Meskipun Anda dan bayi Anda sehat untuk menambah berat badan saat hamil, tanyakan kepada dokter Anda berapa banyak kenaikan berat badan selama kehamilan yang tepat untuk Anda.


Kesimpulan :

Stretch mark adalah masalah kulit yang sangat umum. Stretch mark putih adalah bekas luka kulit yang lebih tua yang lebih sulit diatasi daripada stretch mark yang lebih baru. Namun, ada opsi yang tersedia untuk mengurangi tampilan bekas luka Anda jika Anda memilihnya.

Sebelum melakukan perawatan, pahami ada kemungkinan stretch mark Anda mungkin tidak hilang sepenuhnya. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang penyembuhan atau efek samping potensial, jadwalkan kunjungan dengan dokter kulit.

Baca juga : 8 Cara Mengecilkan Pori Pori di Wajah dengan Bahan Alami

0 Response to "Stretch Mark | Penyebab dan Cara Mengatasi"